Hasbullah Thabrany : Biaya penyakit itu mahal.

Korandetak.com, Jakarta – Ujar Prof. Dr. dr. Hasbullah Thabrany, yang menyampaikan bahwa “Biaya penyakit itu lebih mahal.” jelasnya. “Dan dari COVID-19 saja, biayanya bisa mencapai Rp. 600 juta”. ucap Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia. Pada Dialog Juru Bicara dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru yang baru saja diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (16/11/2020).

Menurut Prof Hasbullah,”Survey di sembilan Provinsi di Indonesia untuk mengkaji biaya pengobatan COVID-19,biaya tertingginya mencapai Rp. 446 juta, dan rata-rata dana yang dikeluarkan untuk mengobati satu pasien COVID-19 adalah Rp184 juta, dengan rata-rata lama perawatan 16 hari rawat inap”. ucapnya

Prof. Hasbullah pun menekankan bahwa penyakit ini sebenarnya bisa dicegah. Namun Pencegahannya perlu dilakukan dengan mengubah perilaku dan menjaga gaya hidup sehat. “Oleh karena itu, jangan gampang menyalahkan Tuhan kalau kita sakit. Tuhan tidak akan memberikan seseorang musibah ataupun pahala dan rezeki tanpa melihat sejauh apa usahanya.  Jadi COVID-19 ini sebenarnya penyakit yang bisa dicegah, melalui penerapan disiplin 3M. Apalagi kita tahu bahwa setelah sakit, kita tidak bisa bekerja”. tutupnya (RV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *