IMMANUEL EBENEZER: JOKOWI HARUS SECEPATNYA RESHUFFLE KABINET

Korandetak.com, Jakarta– Relawan Jokowi, Immanuel Ebenezer menyayangkan terhadap kasus korupsi yang terjadi dikabinet Jokowi, di tahun pertama periode kedua kepemimpinanya ini, ia bertanya-tanya mengenai akan hilangkah korupsi di kabinet Jokowi nanti.

“Jika Resuffle menteri nanti diadakan, persoalan bebas korupsi itu tidak ada jaminan. Tindakan korupsi ini sebetulnya kejahatan luar biasa atau extraordinary, artinya kejahatan ini perlu segera ditangani dengan segala macam hal yang khusus, dan kalau kita masih berkompromi atau memberi toleransi terhadap korupsi, yakinlah tidak akan pernah bangsa ini selesai menghadapi masalah korupsi,” tegas Immanuel saat di hubungi korandetak.com via telepon (2/12/20).

Menurut Immanuel, “karena itu kita disibukan oleh persoalan-persoalan itu lagi dan lagi, harus ada penanganan khusus, nah khususnya di birokrasi, karena korupsi itu menjadi hal yang biasa dalam budaya birokrat,” terangnya

Lalu bagaimana terkait masalah partai, yang direkomendasikan sebagai menteri atau yang menduduki jabatan politik biasanya personifikasi orang dari partai, namun menurut Noel panggilan akrab mantan aktivis 98 ini.

“Saya tidak pernah melihat bahwa partai itu merekomendasikan kader-kadernya untuk korup, pertama itu, kedua tidak mungkin juga ketua partainya memerintahkan untuk orang-orang yang direkomendasikan duduk di pemerintahan itu korup, yang korup itu orangnya artinya dia dirinya sendiri,  mewakili dirinya, dan  itu tidak mewakili partainya apa lagi ketua partainya,” tutup Noel. (rv)